Breaking News
Home / Artikel / FAKTOR PENTING PERKEMBANGAN ANAK

FAKTOR PENTING PERKEMBANGAN ANAK

Anak yang memiliki perilaku cerdas dan perkembangan yang baik tentu adalah dambaan setiap orangtua. Karena itu, kita perlu mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan anak.

Untuk mengetahui bagaimanakah cara membentuk perilaku anak yang baik, kita harus tahu faktor apa sajakah yang memengaruhinya. Dr. Rose Mini, M. Psi., seorang psikolog ternama berkata bahwa ada dua faktor yang dapat memengaruhi perkembangan anak yang harus kita ketahui.

“Faktor pertama adalah nature alias alami, misalnya bentuk badan, usia, bentuk tubuh yang ada secara alami. Ini adalah faktor yang diberikan ‘dari sananya’ alias dari Tuhan dan tak bisa kita ubah. Sedangkan faktor yang kedua adalah nurture alias pengasuhan. Selain itu nutrisi, stimulasi, dan pola asuh juga termasuk dalam faktor nurture,” ujar dr. Rose Mini.

Ternyata, pengasuhan dan pola asuh adalah dua hal yang berbeda. “Kita harus tahu perbedaan antara pengasuhan dan pola asuh. Pengasuhan adalah proses interaksi total antara orangtua dengan anak. Ini bertujuan untuk merawat, mengajarkan sosialisasi serta mengomunikasikan nilai kasih sayang, nilai moral, minat, perilaku, dan kepercayaan pada anak,” katanya. Jadi, pengasuhan adalah  proses interaksi antara kita dengan buah hati tercinta.

“Hal ini berbeda dengan pola asuh. Pola asuh adalah gaya pengasuhan yang diterapkan pada anak. Pola asuh bersifat relatif konsisten dari waktu ke waktu. Pola asuh yang dipilih orangtua akan menentukan bentuk stimulasi apa yang akan diberikan kepada anak. Ada beberapa pilihan pola asuh yang dapat kita terapkan yaitu demokratif, uninvolved, permisif, dan otoriter,” terang psikolog yang kerap disapa Bunda Romi ini. Menurutnya, bentuk stimulasi dari pola asuh inilah yang akan berpengaruh besar pada kompetensi sosial, emosional, dan intelektual anak.

Karena itu, penting bagi kita sebagai orangtua untuk bersikap terbuka dan nggak memaksakan pola asuh yang dominan. Kita harus mau menerima masukan dan menerapkan pola asuh yang sesuai dengan kondisi anak dan perkembangan jaman. Inilah yang dapat membuat anak tumbuh cerdas dan berperilaku baik di kemudian hari.

“Cara orangtua menerapkan pola asuh akan berpengaruh terhadap cara pemberian stimulasi kepada anak. Hasil stimulasi tersebut akan membentuk kecerdasan dan pemahamannya akan kondisi diri dan sekelilingnya. Inilah yang membuat anak nantinya akan mampu untuk tumbuh, berperilaku, dan berkembang dengan baik,” tutupnya.(*)


Penulis: dr. Indra Saputra, Sp.A., M.Kes

Dosen Akbid Jakarta Mitra Sejahtera 

About akbidjmsoke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: