Breaking News
Home / Artikel / ATASI BATUK ANAK DENGAN BAHAN ALAMI

ATASI BATUK ANAK DENGAN BAHAN ALAMI

Mengatasi batuk pada anak ternyata nggak boleh sembarangan. Sebelum memberikan obat untuk meredakan batuk, pastikan kamu tahu penyebab batuk pada anak dan mengandung bahan alami.

Meski batuk bukan termasuk penyakit, tetapi batuk pada anak nggak boleh dianggap sepele. Karena batuk yang tidak reda dan berlarut-larut bisa menggangu kesehatan anak. Anak menjadi lelah akibat batuk hingga menurunnya nafsu makan. Menurut Emilia.E. Achmadi, MS, batuk merupakan sinyal tubuh mengatasi radang terutama di saluran nafas. Batuk terjadi untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, batuk juga berfungsi untuk mengurangi proses iritasi dalam tubuh. “Jadi, batuk merupakan iritan dan bukan sebuah penyakit, melainkan sebuah simptom atau gejala,” tandasnya.

Ditambahkan Emilia, MS, tidak semua batuk itu menular. Namun, ketika batuk sudah mengeluarkan lendir dan tidak ditanggulangi maka lendir ini yang menjadi lahan subur untk bakteri dan jamur berkembang biak. “Sayangnya, batuk masih dianggap sepele. Apalagi, batuk pada anak, jangan diremehkan ya. Batuk berlendir bisa menyebabkan anak demam dan mengakibatkan inflamasi jalur pernafasan atas yang akut dan bisa menular,” katanya.

 

Bahan Alami Atasi Batuk

Sebagai ibu, Emilia. MS, mengaku batuk kerap kali dialami oleh anak-anaknya. Tetapi, dirinya tidak mau sembarangan memberikan obat untuk mengatasi batuk pada anak. Emilia mengaku mencari tahu dulu penyebab batuknya. Apakah karena faktor internal seperti makanan yang mengandung minyak, makanan yang memakai pengawet, perasa dan pewarna atau faktor eksternal, karena polutan.

“Jadi, sebisa mungkin, saya cari tahu dulu penyebabnya dan menjauhkan dari sumber penyebab. Misal, kalau batuk akibat makan gorengan maka saya hentikan anak untuk konsumsi makanan berminyak. Kalau karena polutan, maka saya akan mengurangi aktivitas di luar ruangan atau memberikan masker,” tandasnya.

Emilia, MS menambahkan, sebaiknya ibu tidak lantas memberikan obat batuk dengan antibiotik. Karena pemberian antibiotik justru berpotensi membunuh bakteri yang bermanfaat dan resisten terhadap bakteri berbahaya. “Pilihlah bahan alami seperti jahe yang bermanfaat untuk meredakan radang secara efektif dan menthol untuk menenangkan batuk. Kalau anak saya batuk, saya memberikan madu,” ujar Emilia saat ditemui pada Edukasi Combiphar “Batuk Itu Ganggu.”

Selain jahe, ada bahan alami seperti Licorice yang memiliki efek antiseptik, mengencerkan dahak, dan mempunyai efek samping menenangkan. Licorice ada di dalam obat batuk hitam, tidak menimbulkan efek samping. Namun, Emilia tidak menyarankan orangtua untuk membeli obat batuk secara bebas. Sebaiknya saat batuk anak tidak kunjung reda dan faktor penyebab sudah dihindari namun anak tetap batuk, segeralah ke dokter spesialias anak. “Gunakan bahan alami untuk mengatasi batuk pada anak, misal air jahe, madu. Memberikan obat batuk yang dijual bebas, sebaiknya konsultasi dahulu ke dokter. Pastikan bahwa obat batuk tersebut mengandung bahan alami untuk meredakan batuk”.(*)


Penulis: dr. FX. Suharto, M.Kes

Dosen Akbid JMS Annisa Jambi

About akbidjmsoke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: